Nasional

Nasionalnews.id Gelar Raker 2023 dan Diklat Jurnalistik

202
×

Nasionalnews.id Gelar Raker 2023 dan Diklat Jurnalistik

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID,  BANYUMAS – Nasionalnews.id kembali menggelar Rapat Kerja (Raker) 2023 Pelatihan dan Jurnalistik dengan mengangkat tema “Tingkatkan Kualitas dan Profesinalisme Wartawan” yang digelar selama dua hari di tempat wisata alam Bukit Tengtung Baturaden, Banyumas Jawa Tengah, Sabtu dan Minggu (2-3/12/2023).

Pers sebagai penyambung lidah dalam mempertegas literasi Cyber Society ini merupakan kondisi masyarakat yang tercipta sebagai konsekuensi akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet.

Pemerhati Media Sosial, Ehadiwijoyo menyatakan, penemuan internet telah menghasilkan ruang dan media baru dengan karakteristik masyarakat yang berbeda, dan juga munculnya budaya-budaya baru.

“Cyberspace atau ruang maya telah melahirkan tipe masyarakat baru yang begitu interaktif dalam berkomunikasi,” terangnya.

Menurutnya, tak hanya sekadar menjadi konsumen dari berbagai macam informasi dan media baru yang lebih dikenal dengan istilah konten, namun khalayak umum dapat pula berperan sebagai produsen sekaligus distributor informasi dan konten media baru.

“Secara kategoris kehidupan masyarakat modern sekarang dapat dibedakan dalam tiga macam masyarakat, yaitu masyarakat realitas, masyarakat simbolik dan masyarakat siber atau cyber society,” kata Ehadiwijoyo yang familiar disapa Erwin.

Tujuan diangkatnya tema ini dalam Rapat Kerja (Raker) 2023 dan Diklat Jurnalistik NasionalNews.id di Banyumas, lanjut Erwin, agar insan pers bisa lebih mengambil peran menjadi penyambung lidah dalam memberikan arahan kepada khalayak luas, dalam literasi menjadi rakyat masyarakat maya atau The Cyber Society People, dan menjadikan dunia Cyber sebagai salah satu lahan mencari ilmu, nafkah dan bersosialisasi.

BACA JUGA :   Cegah TPPO dan TPPM, Imigrasi Singaraja Giat Sosialisasi